Senin, 29 November 2010

Makanan Tepat Saat PMS

BANYAK wanita di dunia yang menderita Pre Menstrual Syndrome (PMS). Tanpa disadari, Anda akan merasa sensitif, mudah marah, sulit berkonsentrasi, dan merasa tertekan tanpa alasan yang jelas. Itulah ciri-ciri Anda mengidap PMS.

Hal itu lazim. Wanita mengalami perubahan secara hormonal pada masa-masa sebelum menstruasi terjadi yakni satu hingga dua minggu sebelum datang tamu bulanan. Pada masa ini, hormon serotonin wanita berada di titik bawah dan kadar endorphin juga menurun. Padahal, kedua hormon itu merupakan kunci suasana hati alias mood para wanita.

Banyak cara untuk menyiasati masalah itu. Satu di antaranya yakni asupan nutrisi yang membantu kadar kedua hormon tetap stabil. Berikut lima jenis makanan pembantu hormon.

1. Gula
Kristal manis ini bertanggung jawab mencukupi kadar serotonin. Jika Anda mengonsumsi gula enam sendok teh perhari, kadar serotonin pun akan stabil. Anda pun bisa mengonsumsi makan-makanan manis dan coklat untuk memenuhi kebutuhan itu.

2. Makanan lezat
Pada masa ini, keinginan untuk makan yang enak-enak berada di puncak to-do-list Anda. Menahannya justru menjadi beban tersendiri, jadi puaskan saja keinginan Anda. Jangan lupa untuk menyisihkan uang setiap bulan untuk aksi ini dan olahraga tentunya.

3. Es Krim
Susu juga dapat mengurangi penderitaan PMS Anda. Masalah nutrisi saat PMS dapat diatasi kalsium, protein, dan gula. Kalsium dapat membantu sintesa hormon Anda. Rasa nikmat dan semangat untuk have fun dari es krim juga sanggup mendongkrak mood Anda untuk ceria.

4. Buah dan Sayur
Mood yang tidak menentu pada penderita PMS juga terjadi pada selera makan. Semua makanan enak yang diinginkan hanya akan menjadi penyesalan tanpa membuatnya seimbang dengan asupan buah dan sayur yang menyegarkan. Konsumsi buah dan sayur sebanyak Anda menggila untuk meraup semua makanan yang diinginkan selama PMS.
Related Post

0 komentar:

Posting Komentar